Welcome To My Blog & Enjoy In My Blog

Free Blog Promotion

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Fahmi Adyatma Haris
Lihat profil lengkapku

Bubbles

Jumat, 17 Februari 2012

Diposkan oleh Fahmi Adyatma Haris



Sebelum kalian dapat membedakan fakta dan opini dalam sebuah teks iklan, kalian harus mengetahui pengertian dari fakta dan opini. Fakta adalah sebuah pernyataan  yang benar dan dapat didukung oleh sebuah bukti. Opini adalah sebuah pernyataan yang belum bisa dinyatakan kebenarannya.
Iklan yang dimuat pada media cetak menjadi salah satu jenis teks yang masuk dalam golongan teks persuasif. Teks iklan biasanya memuat pujian terhadap produk barang atau jasa yang ditawarkan. Namun demikian, informasi yang termuat dalam teks iklan tersebut belum semuanya merupakan informasi faktual. Artinya, sebagian dari informasi tersebut masih memerlukan pembuktian. Di sinilah diperlukan kejelian pembaca untuk mampu membedakan antara fakta dan opini dari informasiyang dimuat dalam teks iklan di surat kabar. Kemampuan ini akan membuat kita tidak mudah termakan bujukan atau rayuan iklan yang masih perlu didukung bukti nyata.
Cermatilah teks iklan berikut!

Dinamika dunia bisnis sangat membutuhkan talenta berkualitas untuk membuat karya bisnis yang bernilai tinggi. Diperlukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berbisnis yang baik agar berhasil mengisi dan menciptakan peluang.
Dengan bergabung bersama Akademi Sekretaris Bintang Timur, Anda akan mendapatkan proses pembelajaran bisnis yang terpadu dan mudah digunakan untuk membuat Anda menjadi pembangunan bisnis handal di masa depan.

AKADEMI SEKRETARIS BINTANG TIMUR
Jl. Senopati Utama Raya Nomor 17
Semarang

Untuk mengetahui mana yang fakta dan mana yang opini akan kita ulas sebagai berikut.

Paragraf ke-1

Dinamika dunia bisnis sangat membutuhkan talenta berkualitas untuk membuat karya bisnis yang bernilai tinggi. Diperlukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berbisnis yang baik agar berhasil mengisi dan menciptakan peluang.

Dalam paragraf tersebut, terdapat kata “sangat” yang merupakan salah satu ciri merupakan opini. Begitu juga penggunaan kata “agar”  pada kalimat kedua menguatkan bahwa ada sesuatu yang diharapkan, artinya sesuatu yang belum terjadi sehingga tidak bisa dikatakan sebagai fakta.

Paragraf ke-2
Dengan bergabung bersama Akademi Sekretaris Bintang Timur, Anda akan mendapatkan proses pembelajaran bisnis yang terpadu dan mudah digunakan untuk membuat Anda menjadi pembangunan bisnis handal di masa depan.

Dalam paragraf tersebut, terdapat kata “dengan” yang merupakan kalimat persuasif atau ajakan yang termasuk kedalam opini. Begitu juga dengan penggunaan kata “akan” pada paragraf tersebut semakin menguatkan bahwa iklan tersebut tidak dapat dipastikan kebenarannya.

Iklan diatas tergolong opini. Karena iklan tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya dan bersifat persuasif atau membujuk pembacanya.


Jadi, kesimpulannya adalah belum tentu kita bisa menjadi sukses seperti yang dijanjikan oleh iklan di atas. Kita sebagai pembaca harus lebih jelih dan lebih teliti lagi dalam mengidentifikasi suatu iklan. Supaya kita tidak terbujuk oleh rayuan iklan yang memang ditugaskan untuk membujuk / merayu pembacanya.

         Ttd
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Fahmi Adyatma Haris

Fahmi Adyatma Haris

Chat YM

Flag Counter