Welcome To My Blog & Enjoy In My Blog

Free Blog Promotion

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Fahmi Adyatma Haris
Lihat profil lengkapku

Bubbles

Rabu, 08 Februari 2012

Diposting oleh Fahmi Adyatma Haris


 Dalam perjalanan dunia sastra di Indonesia, dikenal juga bentuk puisi yang disebut syair. Oleh para ahli sastra, syair digolongkan sebagai bagian dari puisi lama, disejajarkan dengan pantun, gurindam, seloka, dan sebagainya. Syair yang dikenal sebagai puisis yang diadopsi dari arab itu biasanya berisi nasihat atau kisah raja. Hal yang menonjol dari syair adalah pesannya yang sangat bermanfaat.
Seperti jenis karya puisi yang lain, syair juga dibuat dengan ikatan tema. Artinya, gagasan pokok yang menjadi ide penulisan syair. Agar dapat menemukan tema syair yang didengarkan, sebaiknya perlu mengasah kecermatan dalam memahami makna syair.
Baca dan pahami syair-syair di bawah ini!

Rindu Sang Pencipta

 Aku ingin lari darimu
Namun engkau tetap tahu
Aku ingin pergi daripadamu
Namun engkau tetap disitu
Kututup semua mataku
Namun engkau tetap dihatiku

Entah kemana lagi aku harus pergi
Agar engkau tidak lagi mengetahui
Entah kemana lagi aku harus sembunyi
Agar engkau tak lagi menghampiri

Aku ingin jauh dariMu tapi dirimu mendekatiku
Aku ingin lupa padamu tapi dirimu terus menyapaku

Namun kini aku tahu
Bahwa aku rindu padamu
Ingin dekat denganmu
Ingin terus bersamamu
Ingin bersua denganmu

Sapamu terus menyejukkanku
Tak kuasa aku tanpamu
Tak kuasa aku tanpa kehadiranmu
Sedih hati jika dirimu kian jauh dariku
Wahai Tuhanku "Aku ingin bersamamu"

Jangan engkau pergi walau aku lupa
Jangan engkau lupa walau aku dusta
Jangan engkau murka walau aku berdosa
Jangan engkau siksa walau aku berlaku durja


Selamat Jalan Kawan

hasratnya bersemayam, ingin keabadian
berbagi suka dan duka dalam bayangan
menguntai kata-kata persahabatan
dalam jalinan kisah kasih persajakan

kini dia pamit untuk satu keyakinan
dengan kata dan hati, terasa kehangatan
haturkan ijin untuk tinggalkan persajakan
tercermin dihatinya, menjunjung tinggi persahabatan

terasa berat mengabulkan permohonannya
seakan kehilangan orang yang tercinta
setelah bersama kita berbagi rasa
baik suka mau pun duka

seperti bunga ditinggalkan kekasihnya
kekasih pergi demi sebuah cita
meski kata masih bisa bersapa
segar dan layunya bunga tak tampak di mata

ooh.. kalau itu sudah keputusan
kami, pelangi tak akan dapat menghalang
namun, ayat-ayat cinta kami akan selalu terbacakan
sampai hatimu ingin kembali pulang


Tema pada syair yang pertama adalah kerinduan, sedangkan tema pada syair yang kedua adalah persahabatan.

Ttd


0 komentar:

Posting Komentar

Fahmi Adyatma Haris

Fahmi Adyatma Haris

Chat YM

Flag Counter